Translasi merupakan salah satu konsep dasar dalam transformasi geometri yang mengajarkan tentang pergerakan benda tanpa mengubah bentuk, ukuran, atau arah benda tersebut. Pemahaman yang baik tentang translasi dapat mengembangkan keterampilan visualisasi dan spasial siswa, yang relevan dengan berbagai disiplin ilmu seperti teknik, fisika, dan arsitektur. Penelitian ini mengintegrasikan pembelajaran translasi dengan konteks permainan gobak sodor. Penelitian ini menghasilkan lintasan pembelajaran yang berkontribusi bagi siswa untuk memahami konsep translasi. Metode design research yang digunakan, yang terdiri dari tahapan-tahapan, yaitu persiapan eksperimen, pelaksanaan eksperimen, dan analisis retrospektif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu secara kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas IX, pada tahap pilot experiment dengan 8 siswa dan pada tahapan teaching experiment terdiri dari 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian aktivitas berkontribusi untuk siswa memahami konsep translasi. Translation is a fundamental concept in geometric transformation, teaching the movement of objects without changing their shape, size, or direction. A good understanding of translation can develop students' visualization and spatial skills, which are relevant to various disciplines such as engineering, physics, and architecture. This study integrates translation learning with the context of the game of gobak sodor. This research produces a learning trajectory that contributes to students' understanding of the concept of translation. The design research method used consisted of the following stages: experimental preparation, experimental implementation, and retrospective analysis. Data collection techniques included documentation, observation, and interviews. Data analysis techniques used were qualitative. The study was conducted in grade IX, with eight students participating in the pilot experiment and 14 students participating in the teaching experiment. The results showed that the series of activities contributed to students' understanding of the concept of translation.
Copyrights © 2025