Peserta didik sering mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, serta menunjukkan motivasi belajar yang rendah, khususnya pada materi matriks persegi. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran OzaMath berbasis android dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Instrumen penelitian meliputi tes, angket, dan pedoman wawancara. Validasi dilakukan oleh pakar, uji kepraktisan oleh siswa dan guru di SMAN 1 Sindang, serta uji efektivitas di SMKN 1 Lelea. Hasil menunjukkan bahwa media ini layak digunakan, praktis dalam pembelajaran, dan efektif dalam meningkatkan koneksi matematis serta motivasi siswa. Dengan demikian, media berbasis Android dapat menjadi alternatif inovatif dalam menciptakan pembelajaran matematika yang kontekstual dan menarik.
Copyrights © 2025