Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA: (Studi Kasus SMPN 5 Gerung)

Kamaludin, Kamaludin (Unknown)
Pardi, Husnial (Unknown)
Evendi, Erpin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mendalam tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika di SMPN 5 Gerung, serta untuk menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses implementasinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini berfokus pada pemahaman fenomena dalam konteks yang lebih dalam. Subjek yang diteliti meliputi guru matematika, kepala sekolah, dan siswa yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan melalui tiga teknik utama: observasi kegiatan belajar mengajar di kelas, wawancara mendalam dengan informan kunci, dan telaah dokumen yang mencakup perangkat pembelajaran serta dokumen sekolah. Seluruh data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan gambaran yang komprehensif mengenai praktik integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...