Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 6 No. 3 (2025)

Penyusunan media pembelajaran digital menggunakan bahasa pemrograman R-Shiny 4.3.3 pada jenjang sekolah menengah atas

Trimono, Trimono (Unknown)
Ikaningtyas, Maharani (Unknown)
Widayawati, Eny (Unknown)
Riyantoko, Prismahardi Aji (Unknown)
Widison, Daffin Tanjiro (Unknown)
Khosyi, Hanun Aufa Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka pada jenjang SMA berorientasi pada pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Namun, fakta yang terjadi menunjukan bahwa penerapan belum berjalan optimal karena keterbatasan perangkat dan kurangnya penguasaan teknologi oleh guru dan murid. Hal tersebut berdampak pada proses transfer materi yang terhambat, hasil belajar yang belum sesuai target sekolah, serta siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi yang diberikan. Untuk mengatasinya, akan disusun aplikasi pembelajaran digital berbasis Graphical User Interface (GUI).  Aplikasi disusun menggunakan bahasa pemrograman R-Shiny 4.3.3 dan terdiri dari dua struktur utama yaitu ui.io dan server.io. Ui.io berisi perintah mengatur tampilan aplikasi dan dijalankan melalui perintah dashboardHeader, dashboardSidebar dan tabsetPanel. Server.io berisi perintah komputasi untuk memperoleh hasil akhir. Perintah yang digunakan meliputi output$contents, renderDataTable, renderPrint, dan renderPlot. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keahlian kepada guru untuk menciptakan aplikasi pembelajaran digital yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran. Melalui uji mean sampel berpasangan, pada tingkat kepercayaan α = 5% diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hal kemampuan guru dalam menyusun media pembelajaran. Rata-rata kemampuan guru sebelum mengikuti pelatihan adalah 1,21 dan setelah pelatihan adalah 8,34. Luaran utama yang diperoleh adalah aplikasi pembelajaran untuk mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Ekonomi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...