International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM)
Vol 7 No 3 (2025): IJIERM Edition September: Indonesia, Jepang, India, Vietnam, Pakistan, Ethiopia,

Criticism of Mass Culture: The Frankfurt School Revisited

Muhammad Husni (Unknown)
Zulkarnain, Iskandar (Unknown)
Mailin, Mailin (Unknown)
Ubudiyah, Hakimatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Mazhab Frankfurt, dengan pendekatan kritisnya terhadap masyarakat kapitalis, telah memberikan kontribusi signifikan dalam memahami dinamika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pemikiran Mazhab Frankfurt mempengaruhi gerakan sosial kontemporer di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi konsep-konsep utama Mazhab Frankfurt yang relevan dengan gerakan sosial di Indonesia; (2) menganalisis bagaimana konsep-konsep tersebut diinterpretasi dan diterapkan dalam gerakan sosial; dan (3) mengevaluasi dampak pemikiran Mazhab Frankfurt terhadap dinamika dan keberhasilan gerakan sosial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis dokumen-dokumen gerakan sosial, melakukan wawancara mendalam dengan aktivis, dan melakukan studi kasus pada beberapa gerakan sosial yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep seperti alienasi, reifikasi, dan industri budaya yang dikembangkan oleh Mazhab Frankfurt masih relevan dalam menganalisis dinamika gerakan sosial kontemporer di Indonesia. Gerakan-gerakan sosial di Indonesia seringkali mengkritik struktur sosial yang tidak adil, mengupayakan emansipasi, dan mempertanyakan hegemoni kekuasaan. Kesimpulan: Pemikiran Mazhab Frankfurt telah memberikan inspirasi dan kerangka analisis yang penting bagi gerakan sosial di Indonesia. Konsep-konsep yang dikembangkan oleh Mazhab Frankfurt membantu aktivis untuk memahami akar permasalahan sosial dan merumuskan strategi perjuangan yang lebih efektif. Namun, penerapan konsep-konsep tersebut dalam konteks Indonesia membutuhkan penyesuaian dan perkayaaan dengan teori-teori lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJIERM

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Arts Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

The International Journal of Islamic Education, Research and Multiculturalism (IJIERM) was formed in 2019 with number SK: 0005.26563630 / JI.3.1 / SK.ISSN / 2019.03. P-ISSN:2656-3630 now for E-ISSN:2722-7049 in management. IJIERM is a Journal relating to Education, Research, Islamic Education, ...