Karakter jujur merupakan salah satu inti dari pendidikan karakter. Di sekolah, guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakter jujur peserta didik. Agar pendidikan karakter jujur dapat diimplementasikan secara efektif, guru perlu menguasai kompetensi kepribadian dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1. Deskripsi kompetensi kepribadian guru PAI 2. Deskripsi kompetensi sosial guru PAI 3. Deskripsi karakter jujur peserta didik 4. Pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap karakter jujur peserta didik. 5. Pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap karakter jujur peserta didik. 6. Pengaruh kompetensi kepribadian dan sosial guru PAI terhadap karakter jujur peserta didik. Penelitian ini menggunakan studi kausal komparatif. Populasi penelitian berjumlah 205 orang. Sampel penelitian berjumlah 136 orang dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian: 1. Deskripsi kompetensi kepribadian guru PAI dikategorikan baik sebesar 79,46% 2. Deskripsi kompetensi sosial guru PAI dikategorikan baik sebesar 77,55% 3. Deskripsi karakter jujur peserta didik dikategorikan baik sebesar 75% 4. Kompetensi kepribadian guru PAI berpengaruh signifikan terhadapkarakter jujur peserta didik sebesar 16,4% 5. Kompetensi sosial guru PAI berpengaruh signifikan terhadapkarakter jujur peserta didik sebesar 11,8% 6. Kompetensi kepribadian dan sosial guru PAI secara simultan berpengaruh signifikan terhadapkarakter jujur peserta didik sebesar 17,6%.Kata Kunci: Kompetensi kepribadian, sosial, karakter jujur
Copyrights © 2025