Karakter merupakan pondasi utama bagi perilaku anak baik perkataan maupun tindakan, mengingat pendidikan karakter salah satu pribadi anak yang relatif menetap, perkembangan anak usia dini sangat pesat sehingga karakter perlu di tanamkan sejak dini, Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakter jujur anak didik melalui penerapan kantin kejujuran. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A dan kelompok B di TK Al Mubarok Sempu yang berjumlah 52 anak didik. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kepala sekolah, guru dan orang tua, observasi secara langsung kepada peserta didik sesuai indikator capaian pembelajaran, dokumentasi kegiatan sebagai pendukung penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Miles dan Huberman dengan penyajian data, dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat anak didik yang menunjukkan karakter jujurnya melalui tahapan implementasi kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan ini menunjukkan seluruh pihak sekolah konsistensi dalam pemilihan produk makanan serta perencanaan dokumen yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran. Karakter jujur anak didik terlihat pada pelaksanaan program yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat temuan karakter baru pada pelaksanaan program ini, dan tidak hanya jujur saja, namun karakter mandiri dan tanggung jawab pada anak didik.
Copyrights © 2025