Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa di Sekolah Dasar. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 01 Lipat Kain, ini terdiri dari 20 orang, 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dengan menggunakan perangkat pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari Silabus, RPP, Lembar Observasi guru dan siswa dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat dilihat perbandingan jumlah siswa yang mencapai KKM pada Pra Siklus 40 % jumlah siswa 8 orang, dan yang tidak mencapai KKM 60 % , dengan jumlah siswa 12 orang. Siklus I mencapai KKM 70 % Jumlah siswa 14 orang, yang tidak mencapai KKM 6 orang dengan persentase 30 %. Sedangkan aktifitas guru terus meningkat pada tiap pertemuannya. Pertemuan I dengan persentase 71 % meningkat menjadi 74 % pada pertemuan kedua. Siklus II yang mencapai KKM 95 % dengan jumlah siswa 19 orang, yang tidak mencapai KKM 1 orang dengan persentase 5 %. Aktifitas guru pertemuan I persentase 82 % meningkat menjadi 90 % pada pertemuan kedua. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif dengan pendekatan Tipe Numbered Head Together ( NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 01 Lipat Kain, Kabupaten Kampar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022