abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review dari beauty influenser bagaimana para wanitakhususnya di kota Surabaya dalam memilih atau membeli produk kecantikan. Subjek dalam penelitian iniadalah para wanita dari berbagai kalangan umur yang berusia 20-40 tahun. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif pendekatan fenomologi untuk menggali pengalaman individu mengenai prosespengambilan keputusan pembelian produk kosmetik, serta faktor yang mempengaruhi pengambilankeputusan pembelian. Subjek utama dalam penelitian ini para wanita berjumlah 10 orang yang dipilihsecara acak dari berbagai macam latar belakang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi penelitian ini juga menggunakan metode penelitianberdasarkan studi literatur yang merujuk pada buku-buku, karya ilmiah, dan internet. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasilpenelitian dari subjek ini menjabarkan proses pengambilan keputusan serta faktor-faktor yang dapatmempengaruhi keputusan pemilihan suatu produk kosmetik yaitu adanya faktor budaya, sosial, pribadi,psikologis dan kreadibilitas seorang beauty influenser untuk dapat meyakinkan atau mempengaruhi parakosumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk kecantikan.Kata Kunci: Beauty influencer, produk kosmetik, keputusan pembelian
Copyrights © 2021