Jurnal Tata Rias
Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Tata Rias

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SANGGUL KREATIF SASAKAN DAN TANPA SASAKAN KELAS XII SMK NEGERI 2 JOMBANG

Ayuningtyas, Vika Pangestu (Unknown)
Windayani, Novia Restu (Unknown)
wilujeng, biyan yesi (Unknown)
Pritasari, octaverina Kecvara (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Abstrak Siswa kurang berinovasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil belajar siswa masih sangat rendah dilihat dari nilai yang masih dibawah KKM. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas siswa selama pelaksanaan metode project based learning pada mata pelajaran sanggul kreatif sasakan dan tanpa sasakan kelas XII SMKN 2 Jombang. (2) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMKN 2 Jombang dalam pembelajaran sanggul kreatif sasakan dan tanpa sasakan menggunakan metode project based learning. Dengan rumusan masalah tersebut diharapkan dapat memperoleh hasil (1) Mengetahui aktivitas siswa selama pelaksanaan metode PJBL pada mata pelajaran sanggul kreatif sasakan dan tanpa sasakan kelas XII SMKN 2 Jombang. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XII SMKN 2 Jombang dalam pembelajaran sanggul kreatif sasakan dan tanpa sasakan setelah menggunakan metode project based learning. Metode yang digunakan adalah metode Project Based Learning, teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan pro-test. Hasil rata-rata aktivitas siswa sebesar 89,99% siswa aktif dalam melaksanakan pembelajaran PJBL. Serta berdasarkan hasil uji n-gain Sebanyak 10 siswa memperoleh kategoi sedang dengan skor sebesar 0,70 ? g > 0,30 dan sebanyak 17 siswa mendapatkan kategori tinggi dengan skor gain sebesar 1,0? g > 0,70. Terdapat peningkatan yang signifikan pada pertemuan pertama rata-rata 80% siswa aktif sedangkan untuk pertemuan ke dua 99% siswa aktif dan untuk hasil belajar siswa pada pertemuan pertama 3 siswa tuntas KKM dan pada pertemuan ke dua 27 siswa tuntas KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka metode project based leraning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII SMKN 2 Jombang pada mata pelajaran sanggul kreatif sasakan dan tanpa sasakan. Kata kunci : hasil belajar, project based learning, sanggul kreatif sasakan dan tanpa sasakan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-tata-rias

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Tata Rias publishes high-quality research and scholarly articles focused on cosmetology education. It covers curriculum development, teaching methodologies, professional training, trends, innovations, educational technology, and practical applications in cosmetology. Managed by the S-1 ...