Dalam rangka membangun pembelajaran kompetensi gizi untuk kecantikan berbasis website pada siswajurusan Kecantikan Kulit dan Rambut, penelitian dilakukan karena kurangnya variasi media danpenggunaan sumber daya dan infrastruktur internet di SMK Labschool UNESA 1 Surabaya. Tujuan studiini adalah untuk: 1) menilai kelayakan pendidikan online; dan 2) mengkaji penelitian dan pengembanganpendidikan online berbasis kompetensi untuk estetika. 2) Untuk mengetahui bagaimana pendapat siswatentang nutrisi yang kompeten untuk pembelajaran kecantikan pada website. Penelitian dan pengembangan(R&D), menurut Borg dan Gall, dapat dipecah menjadi tujuh fase. Lima ahli penilaian menjabat sebagaisubjek uji penelitian. Teknik pengumpulan data berbasis observasi, kuesioner, dan wawancara. Metodeanalisis data berbentuk pendekatan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang dinyatakan dalampersentase. 1) Kelayakan pembelajaran berbasis situs web dinilai 92% layak oleh profesional media, 90%praktis oleh ahli materi pelajaran, dan 98% layak oleh ahli bahasa, menurut temuan penelitian. 2) MenurutBorg dan Gall, penelitian dibagi menjadi tujuh tahap yaitu pengumpulan data dasar, perencanaan,pembuatan produk awal, validasi ahli, revisi produk, dan uji coba awal revisi produk. 3) Penilaian yangdiberikan sebesar 89% terhadap jawaban siswa terhadap pembelajaran berbasis website menunjukkanbahwa persyaratan dapat dipenuhi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengembangan mediapembelajaran berbasis website gizi untuk kecantikan efektif digunakan untuk pembelajaran.Kata Kunci: media pembelajaran, website, gizi untuk kecantikan
Copyrights © 2023