Jurnal Abdimas Al Hidayah
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah

PENDAMPINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MINU WIJOYO KUSUMO

Setiawan, Yusnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Diakui ataupun tidak, banyak siswa yang merasa bahwa pembelajaran di kelas tidak selalu mengasyikkan, bahkan cenderung membosankan, sehingga mereka lebih senang ketika jam pelajaran kosong. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena monotonnya cara mengajar guru. Sehingga di era sekarang guru selalu dituntut untuk terus berinovasi disetiap pembelajarannya. Salah satu bentuk inovasi yang bisa ditawarkan adalah inovasi dalam hal metode pembelajaran. Dan metode pembelajaran dengan permainan edukatif bisa dijadikan warna baru dalam upaya mengatasi ke-monotonan cara guru mengajar di dalam kelas. Di kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode ation research melalui permainan edukatif yang melibatkan siswa sebagai subjek kegiatan dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun instrumen pengempulan data di kegiatan ini menggunakan lembar observasi (checklist) dengan skala 1 sampai 4, dan data dikerjakan dengan menggunakan analisis data kualitatif, yakni data berupa kalimat terkait deskripsi pemahaman terhadap sesuatu, pandangan atau perilaku siswa terkait metode belajar yang bisa dianalisis secara kulaitatif. Disimpulkan adanya peningkatan daya serap materi siswa kelas 1 MINU Wijoyo Kusumo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan edukatif bisik berantai bisa dijadikan sebuah metode pembelajaran bahasa arab di kelas 1 MINU Wijoyo Kusumo

Copyrights © 2023