Articles
23 Documents
Bimbingan Pengenalan Huruf Hijaiyah Kepada Anak Usia Dini Desa Sukorejo Wetan Rejotangan Tulungagung
Asyofi, Muhammad Nur Haris
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Bagi anak usia dini membaca Al-Qur’an dianggap sesuatu yang sangat sulit. Bahkan ada yang sampai usia remaja belum bisa membaca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengenalan terhadap huruf-huruf dalam Bahasa arab (huruf hijaiyah) sejak dini. Pengenalan huruf hijaiyah ini sangat penting dilakukan sejak dini untuk menghindari buta huruf arab dan lebih jauh agar anak-anak bisa membaca Al-Qur’an sejak dini. Membaca Al-Qur’an harus dilatih sejak dini karena banyak hal yang harus dipelajari untuk bisa membaca AL-Qur’an dengan baik dan benar. Diantaranya harus mengenal huruf, makhroj, tajuwid, tanda baca, waqof dll. Untuk membaca Al-Quran dengan fasih dan lancar pembiasaan membaca Al-Qur’an harus dilakukan sejak dini, oleh karena itu penulis melakukan program pengenalan huruf hijaiyah kepada anak usia dini agar anak-anak sejak dini punya pengetahuan dan dapat melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan bena. Pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini ini menggunakan metode ceramah dan pelatihan membaca langsung. Pengenalan huruf hijaiyah ini dilakukan dengan cara mengenalkan tulisan huruf-huruf hijaiyan, memberikan contoh cara melafalkan dengan benar kemudian semua anak-anak menirukan. Jika ada makhroj yang masih salah maka akan diulang lagi sampai anak-anak dapat melafalkan dengan benar. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak mampu mengenal dan menghafal huruf hijaiyah, dan dapat melafalkannya dengan benar.
Perlindungan Hukum Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga : Perspektif Hukum Dan Psikologis
Baidowi, Ahmad Dahlan
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan masalah serius yang telah mempengaruhi banyak aspek masyarakat, terutama perempuan sebagai korban. Penelitian ini menganalisis perlindungan hukum yang diberikan kepada perempuan korban KDRT, dengan pendekatan yang menggabungkan perspektif hukum dan psikologis. Melalui telaah mendalam terhadap regulasi hukum yang ada, penelitian ini mengeksplorasi efektivitas undang-undang dan kebijakan yang bertujuan untuk mencegah, mengatasi, dan memberantas KDRT. Dalam konteks ini, penting untuk menilai peran lembaga peradilan dan penegak hukum dalam menangani kasus KDRT serta identifikasi potensi perbaikan dalam sistem peradilan. Selain itu, penelitian ini juga membahas dampak psikologis yang dialami perempuan korban KDRT. Tinjauan mendalam terhadap aspek psikologis melibatkan analisis mengenai akibat psikologis yang ditimbulkan oleh pengalaman KDRT dan perlunya dukungan psikologis serta kesejahteraan mental dalam proses pemulihan korban. Studi ini mengeksplorasi bagaimana pendekatan hukum dan psikologis dapat saling melengkapi guna memberikan perlindungan yang lebih holistik bagi perempuan korban KDRT. Temuan penelitian ini menggarisbawahi kompleksitas isu KDRT serta tantangan dalam mengintegrasikan pendekatan hukum dan psikologis. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan yang terintegrasi dalam upaya perlindungan terhadap perempuan korban KDRT, yang mencakup tindakan hukum dan dukungan psikologis secara bersamaan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemahaman tentang perlindungan hukum dan psikologis bagi perempuan korban KDRT serta pendalaman diskusi mengenai upaya peningkatan perlindungan dan pemulihan bagi korban KDRT.
Pedampingan Belajar Bahasa Arab Kepada Anak-Anak Desa Tegaron Prambon Nganjuk
Arifin, Moh. Aziz;
Fahmi, Nurul
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Belajar bahasa arab sejak dini sangat penting dilakukan untuk mengenalkan bahasa arab, tetapi terkadang fenomena ini belum banyak dilakukan oleh lembaga-lembaga baik formal maupun non formal, yang menjadi kajian ini yaitu khusus pada pendidikan non formal sebagai penunjang pendidikan formal. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu mengenalkan sejak dini materi bahasa arab dasar kepada anak-anak supaya tidak terjadi keterlambatan belajar bahasa arab. Metode dalam pendampingan ini melalui persiapan, pelaksanaan dan evaluasi setelah pelaksanaan. Hasil yang dicapai dalam pengabdian yaitu secara umum anak-anak sudah mengenal bahasa arabnya sebagian tubuh manusia bahkan sebagian peserta didik ada yang mampu menghafalkan kosa kata bahasa arab tentang sebagian tubuh manusia.
Pendampingan Hukum Dalam Penyelesaian Sengketa Waris (Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)
Jannah, Nurrohmatul
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Sengketa waris merujuk pada konflik atau permasalahan hukum yang muncul terkait pembagian harta warisan setelah seseorang meninggal dunia. Sengketa semacam ini bisa timbul karena berbagai alasan, seperti interpretasi yang berbeda terhadap wasiat, ketidakkonsistenan dalam dokumen hukum, perbedaan pendapat mengenai bagaimana harta warisan seharusnya dibagi, atau adanya ketidaksepakatan antara ahli waris. Hal ini dapat menyebabkan interpretasi yang salah tentang hak-hak waris dan berpotensi memicu perselisihan di antara ahli waris. Metode yang digunakan adalah melalui sosialisasi tentang pentingnya pemahaman akan pengaturan hukum waris di Indonesia, dari sosialisasi tersebut selanjutnya di lakukan pemetaan terhadap jenis atau karaktersitik permasalahan dari masing-masing sengketa waris yang terjadi. Hasil dari pemetaan akan dilakukan pendampingan pengurusan penetapan ahli waris serta pendampingan penyelesaian sengketa waris. Pendampingan hukum dalam sengketa waris memiliki dampak yang signifikan, baik bagi pihak yang terlibat dalam sengketa maupun proses hukum secara umum. Efektivitas pendampingan hukum dalam konteks ini tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas pendampingan, tingkat aksesibilitas terhadap layanan hukum, serta pemahaman masyarakat tentang pentingnya mendapatkan pendampingan hukum dalam sengketa waris. Melalui program pendampingan, masyarakat dapat diberikan pemahaman yang lebih baik tentang hak-hak waris dan prosedur yang harus diikuti.
Pelatihan Keterampilan Manajerial Pengurus Organisasi Melalui Latihan Kader Muda IPNU-IPPNU Kecamatan Selorejo
Arwani, Ragil
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
IPNU-IPPNU merupakan organisasi kepemudaan Islam di Indonesia yang juga merupakan bagian dari sayap organisasi Islam terbesar di dunia yakni Nahdlatul Ulama. Karena itu, organisasi ini mempunyai andil yang sangat besar dalam proses kaderisasi organisasi NU. Tujuannya yaitu mencetak generasi penerus yang berpendidikan sebagai modal dalam menuju peradaban Islam yang gemilang. Visi yang mulia tersebut hanyalah akan menjadi angan, manakala tidak dibarengi dengan keterampilan tata kelola organisasi yang baik. Perlu kiranya membekali para pengurus atau sumber daya manusia di dalam organisasi tersebut kemampuan manajerial organisasi. Sumber daya manusia merupakan unsur terpenting dalam putaran roda suatu organisasi. Cepat lambatnya pencapaian tujuan organisasi, tergantung berkulitas ataukah tidak sumber daya manusia yang dimilikinya. Aktifitas organisasi, seperti rencana, pengambilan keputusan, pelaksanaan dan evaluasi memerlukan peran serta sumber daya manusia yang terampil. Untuk itulah, dalam rangka mewujudkan organisasi yang efektif dan efisien, maka para pengurus PAC (Pimpinan Anak Cabang) IPNU-IPPNU Kecamatan Selorejo mengadakan Latihan Kader Muda dalam rangka melatih ketrampilan manajerial pengurus dalam meningkatkan kinerja organisasi.
BIMBINGAN PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN PAI MELALUI KELOMPOK KERJA GURU (Tingkat Sekolah Dasar Kec.Pagu-Kab.Kediri)
Muzari’ah, Ifa
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan moral siswa di sekolah dasar. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran PAI di sekolah dasar, diperlukan pendekatan yang efektif dan berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pembentukan kelompok kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pembentukan kelompok kerja guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran PAI di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan guru-guru PAI di sekolah dasar sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru-guru, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan kelompok kerja guru efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran PAI di sekolah dasar. Melalui kolaborasi antar guru, mereka dapat saling berbagi pengalaman, strategi pengajaran, dan sumber belajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Selain itu, kelompok kerja guru juga membantu dalam merancang kurikulum yang lebih relevan dan menarik bagi siswa. Peningkatan kualitas pengajaran PAI melalui kelompok kerja guru bukan hanya berdampak pada pemahaman siswa tentang agama Islam, tetapi juga pada pengembangan karakter dan moral siswa. Guru-guru yang terlibat dalam kelompok kerja ini juga merasa lebih termotivasi dan berkembang dalam bidang pengajaran mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antar guru melalui kelompok kerja dapat menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran PAI di sekolah dasar. Direkomendasikan bagi sekolah dasar lain untuk mempertimbangkan pembentukan kelompok kerja guru sebagai bagian dari upaya mereka untuk meningkatkan pendidikan agama Islam di sekolah.
FORMATUR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI TPQ DAN MADIN NURUL IMAN (DESA KARANGREJO TULUNGAGUNG)
Efendi, Mohamad Fahrudin
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penulis melakukan planing program yang sudah terjadwal di TPQ/Madin dan planing baru sebagai terobosan untuk memotivasi dan menginspirasi santri.Tujuan Penulis disesuaikan dengan objek yang dituju dapat berjalan dengan baik dan dilaksanakan secara berkesinambungan. Formatur Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan yang mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial demi memperbaiki situasi dan kondisi didesa tersebut sehingga desa tersebut dapat berkembang dengan baik. Dengan adanya belajar mengaji sekaligus les privat tersebut akan meningkatkan kualitas keagamaan dan pendidikan pada anak-anak di desa Karangrejo. Adapun faktor pendukung dalam kegiatan tersebut antara lain: Para masyarakat memiliki kemauan yang besar untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai Pemberdayaan Masyarakat dan Meningkatkan kualitas Pendidikan Keagamaan di desa Karangrejo Kabupaten Tulungagung.
BIMBINGAN KELUARGA SAKINAH (Dusun Sukomoro Desa Puncu Kabupaten Puncu)
Rosyidah, Binti Kholifatur
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Keluarga sakinah merupakan dambaan bagi setiap manusia yang membangun sebuah keluarga. Keluarga sakinah meruakan konsep keluarga yang menekankan pada keharmonisan, kedamaian, dan keselarasan antara anggota keluarga. Akan tetapi masyarakat sekarang kurang memahami knsep keluarga sakinah yang sesungguhnya sehingga mereka tidak dapat menyelesaikan konflik secara baik yang akhirnya terjalah perceraian. Mereka tidak memahami hak dan kewajiban antara suami istri yang sesungguhnya sehingga terjadilah perceraian. Selain itu mereka juga tidak memikirkan dampak dari suatu perceraian itu sendiri. Mereka hanya memikirkan ego sesaat tanpa memikirkan dampak kedepannya. Maka dari itu perlu adanya penyuluhan mengenai bagaimana keluarga sakinah yang sesungguhnya.
PENDAMPINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MINU WIJOYO KUSUMO
Setiawan, Yusnan
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Diakui ataupun tidak, banyak siswa yang merasa bahwa pembelajaran di kelas tidak selalu mengasyikkan, bahkan cenderung membosankan, sehingga mereka lebih senang ketika jam pelajaran kosong. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena monotonnya cara mengajar guru. Sehingga di era sekarang guru selalu dituntut untuk terus berinovasi disetiap pembelajarannya. Salah satu bentuk inovasi yang bisa ditawarkan adalah inovasi dalam hal metode pembelajaran. Dan metode pembelajaran dengan permainan edukatif bisa dijadikan warna baru dalam upaya mengatasi ke-monotonan cara guru mengajar di dalam kelas. Di kegiatan ini metode yang digunakan adalah metode ation research melalui permainan edukatif yang melibatkan siswa sebagai subjek kegiatan dalam pembelajaran bahasa arab. Adapun instrumen pengempulan data di kegiatan ini menggunakan lembar observasi (checklist) dengan skala 1 sampai 4, dan data dikerjakan dengan menggunakan analisis data kualitatif, yakni data berupa kalimat terkait deskripsi pemahaman terhadap sesuatu, pandangan atau perilaku siswa terkait metode belajar yang bisa dianalisis secara kulaitatif. Disimpulkan adanya peningkatan daya serap materi siswa kelas 1 MINU Wijoyo Kusumo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan edukatif bisik berantai bisa dijadikan sebuah metode pembelajaran bahasa arab di kelas 1 MINU Wijoyo Kusumo
PENDAMPINGAN PRAKTEK SHOLAT MENGGUNAKAN MEDIA KITAB FASHOLATAN DI PONPES AN NUR PUNGGING MOJOKERTO
Fitriyah, Khoirunnisail
Jurnal Abdimas Al Hidayah Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Abdimas Al Hidayah
Publisher : STAI Hidayatut Thullab Kediri
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
The aim of this community service activity is to improve the prayer skills of new students so that they are in accordance with Islamic law. This learning is guided by the Fasholatan book which is practical and easy to understand. The methods used in this community service activity are observation, direct interviews, mentoring, evaluation of results. Evaluation of the success of this service program is carried out by distributing questionnaires after the activity is carried out. The result of this service activity was a positive response given by the students to the prayer practice assistance activity using the fasholatan book at the An Nur Pungging Islamic boarding school, Mojokerto.