Aktivitas belajar terhadap pembelajaran IPS serta masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data-data mengenai tumbuhnya aktivitas pembelajar IPS menggunakan metode role playing di sekolah dasar, Metode yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan siswa berjumlah 14 orang. Hasil persentase lembar aktivitas siswa siklus I pertemuan ke 1 dengan rata-rata 5,47 %,dan siklus I pertemuan ke 2 dengan rata-rata 6,16 serta lembar aktivitas siswa siklus II pertemuan ke 1 dengan rata-rata 6,88 dan siklus II pertemuan ke 2 dengan rata-rata adalah 7,29 penumbuhan antara siklus I pertemuan ke 1 dan siklus I pertemuan ke 2 dan siklus II pertemuan ke 1 dan siklus II pertemuan ke 2 adalah 25,8%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulan bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode role playing dapat menumbuhkan aktivitas pembelajar IPS di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021