Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 2 No 1 (2021): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penggunaan Metode Role Playing Untuk Menumbuhkan Aktivitas Belajar di Sekolah Dasar

Syamsijulianto, Tri (Unknown)
Rayani, Rizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Aktivitas belajar terhadap pembelajaran IPS serta masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data-data mengenai tumbuhnya aktivitas pembelajar IPS menggunakan metode role playing di sekolah dasar, Metode yang di gunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti ini dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan siswa berjumlah 14 orang. Hasil persentase lembar aktivitas siswa siklus I pertemuan ke 1 dengan rata-rata 5,47 %,dan siklus I pertemuan ke 2 dengan rata-rata 6,16 serta lembar aktivitas siswa siklus II pertemuan ke 1 dengan rata-rata 6,88 dan siklus II pertemuan ke 2 dengan rata-rata adalah 7,29 penumbuhan antara siklus I pertemuan ke 1 dan siklus I pertemuan ke 2 dan siklus II pertemuan ke 1 dan siklus II pertemuan ke 2 adalah 25,8%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulan bahwa dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode role playing dapat menumbuhkan aktivitas pembelajar IPS di sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...