Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Patti, Kecamatan Moa Lakor, Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V, dengan data yang diperoleh melalui tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa hanya mencapai 30,19%, dengan 9 dari 26 siswa memperoleh nilai ≥ 65. Pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 80,57%, dan seluruh siswa berhasil mencapai nilai ≥ 65. Dengan demikian, model ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022