Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 3 No 1 (2022): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Kristen Patti Kecamatan Moa Lakor

Taliak, Ruth R. L. (Unknown)
Lesnussa, A. (Unknown)
Ritiauw, Leonid (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Patti, Kecamatan Moa Lakor, Kabupaten Maluku Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, (3) evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V, dengan data yang diperoleh melalui tes hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa hanya mencapai 30,19%, dengan 9 dari 26 siswa memperoleh nilai ≥ 65. Pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 80,57%, dan seluruh siswa berhasil mencapai nilai ≥ 65. Dengan demikian, model ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...