Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas V SD Kristen Kaiwatu di mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan tipe penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini di lakukan di SD Kristen Kaiwatu Kecamatan Pulau Moa. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Kristen Kaiwatu yang berjumlah 21 Orang yang terdiri dari laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Pembelajaran PKn dengan model pembelajaran group investigation diperoleh kesimpulan bahwa pada siklus I, Prestasi Belajar siswa memperoleh sebesar 81%, sedangkan pada Siklus II Prestasi Belajar siswa memperoleh sebesar 95%, dan presentase nilai uji normal gain siswa terlihat bahwa sebanyak 21 siswa (100%) dalam kategori tinggi, tidak terdapat siswa dalam kategori sedang dan kategori rendah, dengan rata-rata nilai siswa siswa 2,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran group investigation pada Siswa Kelas V SD Kristen Kaiwatu dikatakan berhasil
Copyrights © 2022