Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 3 No 2 (2022): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SD Kristen Kaiwatu

Matmey, Salomina (Unknown)
Souhoka, Renny (Unknown)
Septory, Jekriel (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan Prestasi Belajar siswa Kelas V SD Kristen Kaiwatu di mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan tipe penelitian Tindak Kelas. Penelitian ini di lakukan di SD Kristen Kaiwatu Kecamatan Pulau Moa. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Kristen Kaiwatu yang berjumlah 21 Orang yang terdiri dari laki-laki berjumlah 13 orang dan perempuan berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Pembelajaran PKn dengan model pembelajaran group investigation diperoleh kesimpulan bahwa pada siklus I, Prestasi Belajar siswa memperoleh sebesar 81%, sedangkan pada Siklus II Prestasi Belajar siswa memperoleh sebesar 95%, dan presentase nilai uji normal gain siswa terlihat bahwa sebanyak 21 siswa (100%) dalam kategori tinggi, tidak terdapat siswa dalam kategori sedang dan kategori rendah, dengan rata-rata nilai <g> siswa siswa 2,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran group investigation pada Siswa Kelas V SD Kristen Kaiwatu dikatakan berhasil

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...