Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 3 No 2 (2022): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model CTL Siswa Kelas V SD Negeri 1 Weet Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya

Saiklela, Elisabet (Unknown)
Sahetapy, Sarah (Unknown)
Johansz, Dovila (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peningkatan keterampilan berbcara dengan menggunakan model Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa kelas V SD Negeri 1 Weet dengan subjek penelitian sebanyak 12 Siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus dengan nilai rata-rata siklus I yaitu terdapat empat siswa atau 34% terkategori “baik”, empat siswa atau 33% terkategori “ cukup” dan empat siswa atau 33% terkategori “ kurang “. Sedangkan jika ditinjau dari hasil dan ketuuntutasan belajar yaitu ketercapaian nilai ketuntatasan atau nilai rata-rata adalah 60,9%. Disimpulkan bahwa dalam siklus I ketuntasan belajar belum memenuhi standar KKM 65% dan Pada siklus II terdapat peningkatan yaitu terdapat tiga siswa atau 33% yang terkategori “sangat baik” dalam keterampilan berbicara, delapan siswa atau 66% yang terkategori “ baik”, dan satu siswa atau 1% ”cukup”. Jika ditinjau dari segi hasil belajar, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah sebanyak 12 orang atau 100%, hasil ini menjelaskan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dikategorikan berhasil mencapai KKM 63.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...