Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubaham wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SD Negeri 1 Weet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Lokasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian ini berlokasi pada SD Negeri 1 Weet. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 1 Weet sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Hasil tes pada siswa terlihat adanya perningkatan tes awal ketuntasan klasikan menunjukan bahwa 4 (26) siswa yang mencapai KKM yang ditentukan meningkat pada siklus I dengan ketuntasan secara klasikan 9 (60%) kemudian pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan pada ketuntasan secara klasikan 15 (100%) siswa memperoleh nilai mencapai KKM yang ditentukan. Hal ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berdampak positif terhadap proses pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Weet pada materi perubahan wujud benda
Copyrights © 2022