Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Materi Ekosistem pada siswa kelas V SD Negeri Moain dengan subjek penelitiannya adalah sebanyak 12 orang siswa dan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus dengan presentase siklus I sebesar 58,33% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dan belum tuntas sebanyak 5 siswa. Kemudian presentase untuk siklus II sebesar 80,41% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Ekosistem pada siswa kelas V SD Negeri Moain.
Copyrights © 2023