Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran pop up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas 5 SD Negeri Wakarleli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan konsep siklus air yang sering kali sulit dipahami tanpa bantuan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop up book secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes awal, hanya 4 siswa (40%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 12 siswa (60%), dan pada siklus II, seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan. Pendekatan pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran juga mendorong interaksi aktif antar siswa, sehingga meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan kerja sama. Berdasarkan hasil ini, media pop up book dapat direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Copyrights © 2024