Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 5 No 2 (2024): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Efektifitas Penggunan Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Siklus Air Pada Kelas V SD Negeri Wakarleli

Koupun, Rode Penina (Unknown)
Souhoka, Renny (Unknown)
Lestari, Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran pop up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas 5 SD Negeri Wakarleli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan konsep siklus air yang sering kali sulit dipahami tanpa bantuan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop up book secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes awal, hanya 4 siswa (40%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 12 siswa (60%), dan pada siklus II, seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan. Pendekatan pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran juga mendorong interaksi aktif antar siswa, sehingga meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan kerja sama. Berdasarkan hasil ini, media pop up book dapat direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...