Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 7, No 3 (2025)

PERBANDINGAN PENGARUH PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS DIGITAL TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Hasanah, Muhammad Isnin (Unknown)
Kuncoro, Tri (Unknown)
Nusantara, Toto (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) di sekolah dasar menuntut pendekatan yang mampu mengakomodasi keberagaman karakteristik peserta didik. Salah satu pendekatan yang relevan adalah pembelajaran diferensiasi yang memberikan layanan belajar sesuai kebutuhan peserta didik. Namun, dalam praktik di lapangan, pembelajaran diferensiasi belum dilaksanakan secara optimal, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital secara terstruktur. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan media digital belum terintegrasi dengan pendekatan diferensiasi, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran diferensiasi berbasis digital terstruktur terhadap prestasi belajar IPAS peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas V di dua sekolah dasar berbeda, masing-masing berjumlah 44 peserta didik. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain untuk mengukur peningkatan prestasi belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPAS peserta didik yang memperoleh perlakuan pembelajaran diferensiasi berbasis digital terstruktur dibandingkan dengan yang tidak. Uji N-Gain menunjukkan peningkatan prestasi belajar pada kategori sedang hingga tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran diferensiasi yang dirancang secara digital dan terstruktur efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPAS di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...