Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan e-modul berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada mahasiswa Poltekes Kemnkes dan Unipa Surabaya. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul bahasa Indonesia berbasis android, mendeskripsikan kelayakan e-modul, dan mendeskripsikan tingkat efektivitasnya. Rendahnya minat dan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia karena ketidakmenarikan mata kuliah Bahasa Indonesia dengan kebutuhan akademik mahasiswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian pengembangan research and development (R&D) model ADDIE terdapat lima tahapan dalam Model ADDIE antara lain, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket; 1) angket validasi modul, 2) angket validasi ahli perancangan e-modul, 3) angket proto tipe e-modul, 4) angket dosen pengampu Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Poltekes Kemenkes Surabaya, dan 5) angket mahasiswa yang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Poltekes Kemenkes Surabaya. Selanjutnya teknik penganalisisan data peneliti menggukan teknik analisis kuantitatif dengan mengacu pada pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Arimbi dapat digunakan dengan baik dan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Indonesia sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia, terutama dalam materi kata dan pembentukan kata, kalimat yang efektif, dan paragraf.
Copyrights © 2025