Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk menganalisis penguatan peran guru mengaji di komunitas perkotaan melalui pemanfaatan inovasi teknologi pembelajaran Al-Qur’an digital. Transformasi digital yang berkembang pesat menghadirkan peluang sekaligus tantangan bagi pendidikan keagamaan non-formal, termasuk dalam aktivitas pembelajaran Al-Qur’an. Melalui telaah kritis terhadap berbagai sumber pustaka, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan laporan riset terkait, penelitian ini mengidentifikasi peran strategis guru mengaji dalam mengadaptasi metode pembelajaran berbasis teknologi untuk menjawab kebutuhan masyarakat urban yang dinamis. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media digital seperti aplikasi Al-Qur’an interaktif, platform pembelajaran daring, serta konten keislaman di media sosial, berpotensi memperkuat efektivitas pengajaran dan memperluas jangkauan dakwah. Selain itu, penguatan kapasitas guru dalam bidang teknologi menjadi kunci dalam memaksimalkan potensi inovasi tersebut. Kajian ini merekomendasikan pentingnya integrasi literasi digital dalam pelatihan guru mengaji serta pengembangan kebijakan yang mendukung digitalisasi pembelajaran Al-Qur’an di ranah komunitas perkotaan.
Copyrights © 2025