Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru serta hubungannya dengan kualitas pengajaran di TK Fatih T. Nyak Arief Bilingual School Banda Aceh. Fokus kajian ini adalah pada bagaimana penguasaan TIK oleh guru mendukung inovasi dan peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki kompetensi dasar TIK yang cukup baik, terutama dalam penggunaan media pembelajaran digital dan platform daring. Penggunaan TIK terbukti meningkatkan partisipasi anak, memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif, serta mendorong kreativitas guru dalam merancang materi ajar. Namun, masih terdapat kendala berupa keterbatasan pelatihan lanjutan dan fasilitas pendukung. Studi ini menegaskan pentingnya pengembangan kompetensi TIK secara berkelanjutan guna mendorong kualitas dan inovasi dalam pengajaran PAUD di era digital.
Copyrights © 2025