SERUMPUN : Journal of Education, Politic, and Social Humaniora
Vol. 3, No. 1 : SERUMPUN (JANUARY-JUNE 2025)

Evaluasi dan Kritik terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka: Perspektif Guru, Siswa, dan Pengelola Pendidikan

Adib, M. Afiqul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dan mengkritisi pelaksanaan Kurikulum Merdeka dari perspektif guru, siswa, dan pengelola pendidikan. Meskipun Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memberikan kebebasan dalam pembelajaran, implementasinya yang terlalu mendadak menyebabkan berbagai kendala. Guru-guru tidak siap, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tidak maksimal, dan pembimbing P5 seringkali tidak memahami tugasnya, sehingga efektivitas pelaksanaannya masih rendah. Selain itu, kesalahpahaman terhadap konsep P5 telah menyebabkan beban ekonomi tambahan bagi siswa, yang bertentangan dengan tujuan inklusivitas kurikulum. Di sisi lain, beban administrasi yang berat juga menjadi tantangan bagi guru penggerak, menghambat untuk fokus pada pengembangan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi yang mendalam dan perbaikan dalam implementasi Kurikulum Merdeka agar tujuan pendidikan yang lebih baik dapat tercapai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

serumpun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah In this journal, researchers discuss the latest issues related to Islamic education, explore the potential for innovation in teaching methods, and present in-depth research contributions to enrich understanding of the dynamics of madrasah. Through its articles, ...