Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa sekolah dasar dalam mempelajari materi pengolahan data serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya, baik dari sisi siswa maupun metode pembelajaran yang digunakan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka. Penelitian ini menemukan bahwa kesulitan siswa terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konsep dasar seperti mean, median, dan modus. Selain itu, metode pembelajaran konvensional, keterbatasan fasilitas belajar, dan rendahnya motivasi siswa turut memperburuk situasi. Hasil kajian juga menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek, integrasi teknologi, dan pelatihan guru dapat meningkatkan pemahaman siswa. Interaksi sosial dalam diskusi kelompok serta umpan balik yang konstruktif dari guru juga memainkan peran penting. Berdasarkan temuan ini, pendekatan holistik yang mencakup pengembangan metode pengajaran, peningkatan fasilitas, dan pemberian dukungan motivasi diperlukan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar pengolahan data.
Copyrights © 2024