JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 4: September 2025

Analisis Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Garawangi

Puspakinanti, Erika Maura (Unknown)
Stiawati, Imas (Unknown)
Novianti, Irena (Unknown)
Julaeha, Siti (Unknown)
Rahmatika, Riska Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kinerja guru selama proses pembelajaran di SD Negeri Garawangi dengan penekanan pada kompetensi profesional, pedagogik, sosial emosional, dan teknologi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan dokumentasi, wawancara semi terstruktur, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mendampingi, membantu, dan memotivasi siswa di sekolah. Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, penuh rasa hormat, dan inklusif dengan mendorong partisipasi siswa dalam pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual. Strategi pengajaran yang inovatif, dukungan sosial emosional, dan penggunaan teknologi merupakan beberapa cara penting untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Guru juga membantu siswa mengembangkan karakternya melalui pendekatan holistik yang menekankan pada adat istiadat setempat, kebangsaan, dan kepercayaan agama. Oleh karena itu, setiap guru di SD Negeri Garawangi memberikan kontribusi terhadap pengajaran yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...