Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di SD 01 Aisyiyah Raja Ampat

Marzuki, Marzuki (Unknown)
Amin, Surahman (Unknown)
Hasbiah, Hasbiah (Unknown)
Hasbullah, Hasbullah (Unknown)
Ahriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah bertransformasi dalam mengembangkan budaya literasi di SD 01 Aisyiyah Raja Ampat. Fokus utama kajian adalah pada strategi, tantangan, dan praktik kepemimpinan yang diterapkan untuk membangun budaya membaca dan menulis di lingkungan sekolah dasar, khususnya di daerah terpencil. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran sentral sebagai inovator, motivator, dan fasilitator dalam menggerakkan seluruh warga sekolah untuk membentuk ekosistem literasi yang berkelanjutan. Strategi yang diterapkan mencakup keteladanan, pembentukan tim literasi, pelibatan orang tua dan komunitas, serta pemanfaatan teknologi digital. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan rendahnya partisipasi awal guru, kepala sekolah mampu mengatasinya melalui kolaborasi, pelatihan berkelanjutan, dan pendekatan transformatif. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kepemimpinan transformasional yang berorientasi pada visi, inovasi, dan partisipasi luas dalam mendorong literasi di sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...