Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Pengaruh Penggunaan Microsoft 365 terhadap Efektivitas dan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Raja Ampat

Haja, La (Unknown)
Sunatar, Bambang (Unknown)
Huzain, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Microsoft 365 terhadap efektivitas dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Raja Ampat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori dan melibatkan 116 siswa sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft 365 berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran (koefisien jalur = 0,505; t-statistik = 4,419; p-value = 0,000) dan terhadap evaluasi pembelajaran (koefisien jalur = 0,360; t-statistik = 2,810; p-value = 0,005). Nilai R-Square untuk efektivitas sebesar 0,255 dan evaluasi 0,130 yang termasuk kategori moderat. Seluruh instrumen penelitian memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi Microsoft 365 dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan efektivitas belajar, transparansi, serta kepuasan siswa dalam evaluasi. Implikasi penelitian ini yaitu pemanfaatan teknologi perlu terus dikembangkan dan disertai pendampingan agar hasil belajar optimal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...