Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, In proggress

Kepemimpinan Transformatif Ketua Yayasan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP I) Kabupaten Teluk Bintuni

Muzaat, Syahid Bin (Unknown)
Rasyid, Muhammad Rusdi (Unknown)
Abdillah, Fardan (Unknown)
Nur, Indria (Unknown)
Ambo Tuo, Muhammad Arsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis bagaimana model kepemimpinan ketua yayasan dalam meningkatkan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP 1) Kabupaten Teluk Bintuni serta menganalisis bagaimana dampak kepemimpinan transformatif ketua yayasan dalam meningkatkan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP 1) Kabupaten Teluk Bintuni.Jenis penelitian ini adalah Deskripsi Kualitatif. Pendekatan penelitian adalah pendekatan pendidikan Islam dan Sosiologi. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Pertama, Model kepemiminan ketua yayasan dalam meningkatkan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP I) Kabupaten Teluk Bintuni adalah dengan menerapkan model kepemimpinan demokratis dan model kepemimpinan dengan keteladanan. Dampak kepemimpinan transformatif ketua yayasan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Annur Waraitama (SP I) Kabupaten Teluk Bintuni adalah Terciptanya hubungan harmonis antara madrasah dan masyarakat, terbentuknya semangat dan Motivasi kerja dan lahirnya generasi qurani, cerdas dan berkarakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...