Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 4 (2025): Oktober, Social Issues and Problems in Society

Pengaruh Dakwah Khuruj Fi Sabilillah terhadap Keharmonisan Rumah Tangga dan Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Jamaah Tabligh di Waisai

Maradjabessy, Muhammad Yamin (Unknown)
Rasyid, Muhammad Rusdi (Unknown)
Sunatar, Bambang (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh aktivitas Khuruj Fi Sabilillah terhadap keharmonisan keluarga Jamaah Tabligh di Waisai, menganalisis kontribusinya terhadap penguatan pendidikan agama Islam dalam keluarga, serta menelaah capaian yang diperoleh oleh keluarga yang rutin mengikuti Khuruj. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada 40 keluarga Jamaah Tabligh di Waisai, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan studi pustaka, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Khuruj Fi Sabilillah berpengaruh signifikan terhadap keharmonisan rumah tangga sekaligus berperan positif dalam meningkatkan pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga. Praktik ini mendorong terjalinnya komunikasi yang efektif, pembiasaan ibadah, serta internalisasi nilai-nilai Islam di antara anggota keluarga. Selain itu, dukungan aktif dari istri dan keterlibatan seluruh anggota rumah tangga menjadi faktor penting dalam memaksimalkan dampak positif Khuruj. Penelitian ini mengimplikasikan perlunya keluarga Jamaah Tabligh menjaga keseimbangan antara aktivitas dakwah dan tanggung jawab keluarga, sekaligus memperkuat pendidikan agama Islam secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...