Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Al-Quran SDIT As-Salaam Fakfak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) As-Salaam Fakfak. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru al-Quran, serta staf pendukung dan tata usaha. Data penelitian diperoleh dari sumber primer, sekunder, dan tersier. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif non-intervensi, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Kepala sekolah di SDIT As-Salaam Fakfak menerapkan berbagai strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru Al-Quran, seperti pelatihan, pembinaan, supervisi akademik, serta penguatan budaya organisasi Islami. Upaya ini mendorong peningkatan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial guru, yang berdampak pada kedisiplinan, inovasi, serta mutu lulusan dalam kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Meski demikian, masih terdapat hambatan berupa keterbatasan fasilitas, akses pelatihan, dan beban administrasi. Secara keseluruhan, kepemimpinan visioner dan inspiratif kepala sekolah berperan penting dalam pengembangan profesionalisme guru Al-Quran di SDIT As-Salaam Fakfak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025