Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X di SMAN 7 Malang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran konvensional yang cenderung monoton. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group untuk variabel hasil belajar dan variabel motivasi belajar. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (X-8) yang mendapatkan perlakuan PBL berbantuan Kahoot dan kelas kontrol (X-7) yang menggunakan metode ceramah berbantuan Google Slides. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar dan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi pendekatan PBL dan media interaktif Kahoot mampu meningkatkan hasil belajar serta motivasi siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran PBL berbantuan Kahoot direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan Informatika.
Copyrights © 2025