Ibtidai'y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 1 (2025): Ibtidaiy Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar

ANALISIS KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI ALKHAIRAAT BIROMARU

Sarwana, Sarwana (Unknown)
Nursupiamin, Nursupiamin (Unknown)
Yulia, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Skripsi ini membahas secara mendalam mengenai analisis keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas V di MI Alkhairaat Biromaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai isu yang muncul, yaitu: (1) bagaimana keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Alkhairaat Biromaru? dan (2) apa saja kendala yang dihadapi serta upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengelola kelas tersebut? Keterampilan guru dalam mengelola kelas sangat penting, karena mencakup kemampuan untuk menciptakan dan mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif, serta mengatasi gangguan yang mungkin terjadi selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti menerapkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan hingga mencapai titik jenuh, melalui langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas sudah sangat baik, terlihat dari berbagai aspek seperti suasana belajar yang hangat, penggunaan metode yang bervariasi, serta penanaman kedisiplinan. Meskipun terdapat kendala, seperti perbedaan kemampuan peserta didik dan masalah disiplin, upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut sangat signifikan. Penelitian ini menegaskan bahwa keterampilan guru berpengaruh besar terhadap suasana belajar dan motivasi siswa, sehingga penting bagi lembaga pendidikan untuk memberikan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru dalam pengelolaan kelas dan metode pembelajaran yang inovatif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ibtidaiy Datokarama Jurnal Pendidikan Dasar yang dikunjungi oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini undangan para dosen, peneliti, dan pemerhati ...