Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 13, No 2 (2025): WASPADA

Peran Literasi Membaca dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Negeri di Jakarta Timur

Jonathan, George Louwis (Unknown)
Siburian, Martua Ferry (Unknown)
Dinihari, Yulian (Unknown)
Alamsyah, Mashudi (Unknown)
Pratama, Rifqi (Unknown)
Jupriadi, Jupriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Literasi membaca merupakan kompetensi dasar yang berperan penting dalam mendukungkeberhasilan belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang banyakmemanfaatkan teks informasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh literasimembaca terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Pendekatan kuantitatif dengandesain survei digunakan dalam penelitian ini, dengan jumlah responden sebanyak 60 siswa dari tiga sekolahnegeri. Instrumen penelitian terdiri atas kuesioner literasi membaca dan dokumentasi nilai prestasi IPS. Datadianalisis menggunakan regresi sederhana untuk menguji hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitianmenunjukkan adanya pengaruh signifikan literasi membaca terhadap prestasi IPS dengan nilai signifikansi0,000 (p < 0,05) dan t hitung sebesar 8,062. Temuan ini menegaskan bahwa siswa dengan literasi membacatinggi cenderung mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Implikasi penelitian ini mendorong sekolahuntuk memperkuat program literasi membaca melalui strategi pembelajaran inovatif, seperti gamifikasi,microlearning, dan pendekatan diferensiasi, agar siswa mampu mengembangkan kemampuan membacasekaligus meningkatkan capaian akademik pada mata pelajaran IPS.Kata kunci: literasi, membaca, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosial, siswa SMP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...