Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 3 (2025): Volume 8 No. 3 Tahun 2025

ANALISIS DAMPAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA BINANGA KEC. BARUMUN TENGAH KABUPAEN PADANG LAWAS

Nur, Rizkya (Unknown)
Damanik, Suri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Bentuk dan Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data Observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara mendeskripsikan keadaan anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima responden mengalami perlakukan kekerasan yang disebabkan oleh keluarga yang dimana lebih berdominan kepada kekerasan fisik dan kekerasan psikis yang dimana kekerasan fisik seperti, mencubit, memukul, dan menampar sedangkan kekerasan psikis seperti berkata mengancam, menghina hingga kasar/binatang “Anjing, Babi, dan Bodat. Faktor penyebab anak mengalami kekerasan berasal dari pola asuh orangtua yang salah, sedangkan faktor penyebab kurangnya kemampuan sosial emosional anak disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...