Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 3 (2025): Volume 8 No. 3 Tahun 2025

PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QURRO BANDAR LAMPUNG

Karni, Karni (Unknown)
Mardiana, Mardiana (Unknown)
Putra, Arizal Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Pembentukan Akhlakul Karimah memiliki maksud yang wajib tergapai, maka terperlukan taktik yang sesuai, agar maksud yang terkehendaki dan sasaran yang sudah tertetapkan bisa tergapai dengan bagus, dan santri dapat memiliki karakter yang kokoh. Oleh karena itu pembentukan akhlakul santri merupakan wujud ikhtiar dalam memberikan keringanan dan keberhasilan seseorang dalam pembentukan akhlakul karimah. Studi ini mengaplikasikan teknik pemaparan dengan sudut pandang mutu, teknik penghimpunan keterangan lewat tanya jawab, pengamatan, dan penulisan, riset ini terlaksana di tempat pelajar Al-Qurro Bandar Lampung, penelitian ini difokuskan pada santri,wali santri,ustadz,ustadzah dan pimpinan pondok pesantren Al-Qurro Bandar Lampung. Hasil penelitian yang ditemukan dalam pembentukan akhlakul karimah pelajar asrama akan meniru sesuatu yang terdengar dan terlihat. Karena itu, budi pekerti yang berkualitas perlu terbentuk dan dibina sejak anak usia kecil sebab masa ini merupakan saat kritis bagi pembentukan budi pekerti seseorang. Di antara sekian banyak metode, dan yang diusulkan oleh pimpinan pondok pondok pelajar dalam rangka membentuk tabiat murid adalah lewat pengbiasaan dan Melalui Ibrah (Mengambil Hikmah). Dalam hal ini peneliti mengambil kesimpulan bahwa pembentukan akhlakul karimah santri di pondok pesantren sangat baik dari mulai pimpinan ustadz, ustadzah serta wali santri memberikan Pendidikan perilaku melalui praktik dan pembiasaan serta santri terbentuk karakter yang baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...