Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 5 No 3 (2025): Volume 5, Nomer 3, Juli Tahun 2025

Pengaruh Intensitas Menonton YouTube terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini

Kholifah, Siti Siti (Unknown)
Oktaviani, Ragil Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Beragam media yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak salah satunya adalah YouTube penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media YouTube mampu membentuk kecakapan atau keterampilan berbicara pada anak yang berusia 3 tahun, subjek penelitian ini adalah pada satu orang anak yang berusia 3 tahun adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengumpulkan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dalam keterampilan berbicara pada anak usia 3 tahun yang dikarenakan media YouTube hal ini dapat dilihat adanya ketertarikan anak ketika menonton video-video kartun, YouTube juga dipandang sebagai media pembelajaran bahasa bagi anak, orang tua sebagai kunci utama seharusnya dapat menjadi contoh atau teladan yang baik saat menggunakan gadget dan hendaknya orang tua mempertimbangkan kembali dampak yang akan ditimbulkan saat ingin memberikan gadget atau memberikan gadget khusus untuk anak usia dini karena pada usia 0 - 6 tahun merupakan golden age di mana anak pada usia tersebut sangat mudah untuk menerima pembelajaran sehingga lebih baik diarahkan ke dalam kegiatan-kegiatan yang dapat merangsang tumbuh kembang anak tanpa menggunakan gadget.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...