Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII-9 MTs Negeri 1 Padang Lawas dengan menggunakan model pembelajaran Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating (QODE). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, Setiap siklus terdiri atas 2 kali pembelajaran. Subjek dari penelitian ini berjumlah 24 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang tuntas pada observasi awal sebanyak 2 orang (7,69%) dari 26 siswa, siklus I sebanyak 16 orang (66,7%), dan siklus II sebanyak 21 (87,5%) dari 24 orang siswa. Persentase ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 59,88% dari observasi awal ke siklus I. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 20,83%. Sedangkan peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari observasi awal ke siklus II sebesar 80,71%. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus II telah telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating (QODE) dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa MTs Negeri 1 Padang Lawas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025