Jurnal Artefak
Vol 12, No 2 (2025): September

Analisis Bibliometrik Tren Penggunaan Media Poster dalam Mata Pelajaran Sejarah (2015–2025)

Fauzan, Rikza (Unknown)
Rosdiana, Hilma (Unknown)
Refki Maulana, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan media poster dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran sejarah melalui pendekatan bibliometrik. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis 200 artikel hingga didapatkan 111 artikel relevan yang berhubungan dengan tren pemanfaatan poster dalam pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan berupa tinjauan pustaka sistematis menggunakan aplikasi Publish or Perish dan VOSviewer dengan sumber data dari Google Scholar. Dari 200 artikel periode 2015–2025, ditemukan tren peningkatan penelitian terutama saat pandemi COVID-19. Hasil analisis menjelaskan bahwa media poster tidak hanya berfungsi sebagai alat visual, tetapi juga mendorong kreativitas, berpikir kritis, dan literasi visual siswa. Integrasi teknologi digital seperti Canva serta konsep pembelajaran berbasis metaverse memperkaya metode pembelajaran sejarah. Temuan ini menegaskan pentingnya media poster sebagai strategi inovatif untuk mendukung pendidikan berbasis kreativitas di tingkat sekolah menengah. Studi ini juga merekomendasikan penelitian lanjutan terkait penggunaan teknologi imersif dalam pengembangan media pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artefak

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ARTEPAK, diterbitkan olah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan profesi guru IPS, kajian Sejarah Lokal & Nasional, Kebudayaan, dan ...