Keterampilan memegang pensil merupakan kemampuan dasar penting yang mendukung kesiapan menulis anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode tripod dengan pensil graphite dalam meningkatkan kemampuan memegang pensil anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Mustika Rini Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan keterampilan memegang pensil, serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II, yaitu aktivitas guru 86%, aktivitas anak 81%, dan kemampuan memegang pensil 80,8%, dibandingkan dengan siklus I sebesar 72%, 64%, dan 49,15%. Metode tripod dengan pensil graphite efektif dalam memperbaiki posisi jari, meningkatkan koordinasi motorik halus, dan mendukung kerapian tulisan anak usia dini. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi guru PAUD untuk menggunakan metode tripod sebagai strategi stimulasi keterampilan pramenulis.
Copyrights © 2025