Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 5, No 3 (2025)

PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS KULIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS IPS

Praditya, Arga Dwi (Unknown)
Ismail, Ismail (Unknown)
Yunarman, Sepri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap penyelesaian tugas kuliah mahasiswa Program Studi Tadris IPS di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional. Sebanyak 33 mahasiswa dijadikan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert, dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan ChatGPT dengan penyelesaian tugas kuliah, dengan nilai signifikansi 0,001 dan koefisien regresi sebesar 0,699. Nilai R² sebesar 0,559 menunjukkan bahwa 55,9% variasi penyelesaian tugas kuliah dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan ChatGPT. Penggunaan ChatGPT dinilai mampu meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan berbagai bentuk tugas akademik, meskipun berpotensi menurunkan kemampuan berpikir kritis dan minat membaca. Temuan ini menekankan pentingnya pendekatan etis dan bijak dalam memanfaatkan AI dalam konteks pendidikan tinggi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang integrasi teknologi AI dalam proses pembelajaran siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...