JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. Special_issue (2025): Integrasi Pendidikan Matematika dan Sains dalam Mendukung Sustaina

Four-tier Diagnostic Test sebagai Pendeteksi Miskonsepsi pada Materi Ikatan Kimia untuk Mendukung Pendidikan Berkelanjutan

Munawaroh, Munawaroh (Unknown)
Salirawati, Das (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Pemahaman konsep kimia sangat penting untuk mencegah miskonsepsi, terutama pada materi ikatan kimia. Namun, belum banyak instrumen yang dapat secara sistematis mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test yang valid dan reliabel untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi ikatan kimia. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Uji coba dilakukan dalam tiga tahap meliputi uji coba ahli, uji coba skala kecil di satu sekolah, dan skala besar di 3 sekolah. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil menunjukkan bahwa instrumen ini valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran dan daya pembeda yang bervariasi. Instrumen ini efektif mengidentifikasi miskonsepsi serta hubungan antara keyakinan dan pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...