Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Socio-scientific Issues (SSI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada materi Bumi Berubah. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain quasi experimental nonequivalent control group design dengan populasi berjumlah 90 siswa. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling, terdiri dari kelompok kontrol dan eksperimen yang berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian berupa 20 soal pilihan ganda, dengan analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis independent sample t-Test. Hasil menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,017. Hasil ini lebih kecil dari batas taraf signifikansi sebesar 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikansi SSI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan pada kelompok eksperimen memiliki n-Gain per indikator pada kategori sedang, membuktikan bahwa SSI efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025