Journal of Primary Education Innovation and Research
Vol 1 No 02 (2025): Journal of Primary Education Innovation and Research

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDFIERENSIASI TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 12/79 LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Arnita (Unknown)
Muliadi (Unknown)
Asriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan minat belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jumlah populasi sebanyak 29 siswa kelas V dengan menggunakan Teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statiktik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriktif diperoleh hasil penelitian rata-rata dari pretes 51,9 (kurang) sedangkan rata-rata dari posttest 81,03 (baik). Kesimpulan penelitian ini bahawa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar IPAS siswa, yaitu ada perbedaan rata-rata hasil pre-tes dan post-test minat belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPEIR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Primary Education Innovation and Research (JPEIR) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scholarly articles in Indonesian or English, focusing on innovative practices, theoretical advances, and empirical research in the field of primary education. The journal aims to be a ...