Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan minat belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jumlah populasi sebanyak 29 siswa kelas V dengan menggunakan Teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statiktik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriktif diperoleh hasil penelitian rata-rata dari pretes 51,9 (kurang) sedangkan rata-rata dari posttest 81,03 (baik). Kesimpulan penelitian ini bahawa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar IPAS siswa, yaitu ada perbedaan rata-rata hasil pre-tes dan post-test minat belajar siswa.
Copyrights © 2025