Journal of Primary Education Innovation and Research
Vol 1 No 02 (2025): Journal of Primary Education Innovation and Research

ANALISIS DAMPAK PEMBERIAN REWARD TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 22 JEPPE’E KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE

Muliadi (Unknown)
Sudarto (Unknown)
Ajrun Karim (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dampak pemberian reward terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN 22 Jeppe’e. Fokus penelitian ini mencakup gambaran pembelajaran IPA serta dampak pemberian reward terhadap minat belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 22 Jeppe’e. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berjalan dengan baik dengan rata-rata angket siswa sebesar 95%. Reward yang diberikan guru berupa isyarat, acungan jempol, benda, penghormatan, tanda penghargaan, dan pujian mampu meningkatkan minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya pemusatan perhatian, perasaan senang, serta kemauan untuk aktif belajar. Dampak positif dari pemberian reward adalah meningkatnya motivasi dan partisipasi siswa. Namun, juga ditemukan dampak negatif seperti munculnya rasa iri antar siswa jika pemberian reward tidak dikelola secara adil. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar IPA siswa kelas V SDN 22 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPEIR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Primary Education Innovation and Research (JPEIR) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scholarly articles in Indonesian or English, focusing on innovative practices, theoretical advances, and empirical research in the field of primary education. The journal aims to be a ...