Journal of Primary Education Innovation and Research
Vol 1 No 02 (2025): Journal of Primary Education Innovation and Research

Penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Musik Siswa Kelas VI SD Inpres 4/82 Pacing Kabupaten Bone

Andi Adelia Putri Ramadani (Unknown)
Awaluddin Muin (Unknown)
Muhammad Ikhsan Sukaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Seni Musik siswa kelas VI SD Inpres 4/82 Pacing Kabupaten Bone melalui model pembelajaran Crossword Puzzle. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan motivasi belajar siswa pada siklus I terdapat 7 dari 12 siswa yang mencapai indikator keberhasilan dengan persentase 58,33% (Cukup), sedangkan pada siklus II terdapat 10 dari 12 siswa yang telah mencapai indikator keberhasilan dengan persentase 83,33% (Baik). Persentase aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,72% (Cukup), sedangkan persentase pada siklus II mencapai 96,96% (Baik). Persentase aktivitas siswa pada siklus I mencapai 69,69% (Cukup), sedangkan persentase pada siklus II mencapai 96,96% (Baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Crossword Puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar Seni Musik siswa kelas VI SD Inpres 4/82 Pacing Kabupaten Bone. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPEIR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Primary Education Innovation and Research (JPEIR) is a peer-reviewed journal that publishes high-quality scholarly articles in Indonesian or English, focusing on innovative practices, theoretical advances, and empirical research in the field of primary education. The journal aims to be a ...