Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan setelah penggunaan media Big Book Digital. Desain penelitian yang digunakan adalah one group Pretest-Posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media Big Book Digital (X), sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca permulaan siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IIĀ  SD Negeri 41 Mallari dengan sampel sebanyak 19 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes membaca permulaan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan setelah penggunaan media Big Book Digital. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Pretest siswa yaitu 48.68 yang berada pada kategori cukup, setelah diberikan perlakuan sebanyak tiga kali dengan menggunakan media Big Book Digital nilai rata-rata Posttest siswa yaitu 73.68 yang berada pada kategori baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media Big Book Digital terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 41 Mallari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025