Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis metode pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Disiplin belajar dalam konteks PJOK tidak hanya dimaknai sebagai kepatuhan terhadap aturan, tetapi juga mencakup tanggung jawab, konsistensi, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review dengan menelaah 20 artikel ilmiah yang dipublikasikan antara tahun 2015 hingga 2024, yang diperoleh dari database seperti Google Scholar, ERIC, dan DOAJ. Proses seleksi artikel dilakukan melalui tahapan identifikasi, screening, eligibility, dan inklusi berdasarkan kriteria tertentu, seperti fokus pada metode pembelajaran PJOK dan indikator peningkatan kedisiplinan. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran aktif seperti pendekatan bermain, model pembelajaran kooperatif, dan pendekatan kontekstual secara konsisten mampu meningkatkan aspek disiplin belajar siswa melalui peningkatan keterlibatan, tanggung jawab individu, dan kolaborasi kelompok. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi guru PJOK dalam memilih strategi pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan keterampilan motorik, tetapi juga membentuk karakter disiplin siswa secara menyeluruh.
Copyrights © 2025