Pendidikan abad ke-21 menuntut adanya transformasi paradigma pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan analisis, evaluasi, dan sintesis peserta didik. Tantangan ini menuntut pendidik merancang instrumen penilaian yang berkualitas dan sesuai dengan standar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal multiple choice pada materi posisi strategis Indonesia dan potensi sumber daya alam untuk siswa kelas XI SMA. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan sampel 38 siswa yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa 30 butir soal geografi berbasis HOTS yang diuji menggunakan analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27 butir soal (90%) dinyatakan valid, reliabilitas instrumen tinggi (r = 0,913), tingkat kesukaran didominasi kategori sedang (70%), daya pembeda soal berada pada kategori sedang (66%), baik (30%), dan kuat (3%), serta 81,33% opsi jawaban efektif
Copyrights © 2025